Puing-puing

Beberapa bulan terakhir, Budi seperti hilang dari dunia. Ia mencoba untuk melihat kembali setiap jejak langkah yang ia ambil selama ini. Dimanakah ia berada sekarang. Di persimpangan kiri jalan atau lenyap digilas zaman. Setidaknya Budi menyadari ia tidak menjadi budak dari pasar.

Budi merasa ia makin keracunan dengan berbagai pandangan. Memerahkan dunia. Menghitamkan dunia. Pada ketidakadiilan dan keserakahan. Pada penindasan. Pada pemodal dan aparat sebagai pelayan. Pada pemerintahan. “Engkau harus hancur!,” mengutip Thukul.

Tetapi, dimanakah Budi sekarang. Ia masih tak rela meninggalkan segala kenikmatan dari kehidupannya kini. Segala kemudahan dari globalisasi. Budi masih tak mau untuk turun ke jalan memasang badan menantang senjata yang siap untuk memuntahkan isinya jika kau tak sejalan dengan kepentingan.

Hidup! Hidup!

Sungguh berbeda kini, dahulu Budi selalu menginginkan mengembalikan nyawa yang diberkan Tuhan padanya, kini ia tidak ingin mati, tidak hari ini, tidak selama masih bisa berjuang, tidak selama masih bisa melawan, tidak selama masih bisa membangkang.

Panjang Umur Pelawanan! Panjang Umur Perjuangan!

Terdengar suara peluru ditembakan dari tempat yang tak terlihat. Menembus tengkorak kepala Budi yang penuh dengan sampah. Berserakan isi kepala Budi di perempatan, dengan marka “Kiri Jalan Terus”.

“Bangun, Budi!, buang semua buku yang kau pegang itu. Buku-buku itu adalah buku setan. Dahulu orang-orang yang membaca buku-buku tersebut akan dipenggal. Terima kasih, pada Sang Penyelamat kita, sudah musnah keturunan darah mereka yang kejam itu. Mereka biadab. Mereka membunuh ulama kita. Mereka membunuh para tentara. Jangan kau ikuti ajaran itu. Kau akan kekal di neraka!”

Namun, Budi sudah berada di neraka.

Iklan

3 pemikiran pada “Puing-puing

What are your thoughts?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s